Rabu, 09 Juni 2010

Alan Hansen : Manchester United dapat Bangkit, Asalkan........


INGGRIS - Bunyi alarm berdentang keras di markas Manchester United, justru setelah Setan Merah melangkahi AC Milan, rival yang selama ini sulit ditaklukkan di San Siro.

United bisa melewati start buruk melawan Milan. Tapi, problem itu datang lagi saat melawan Chelsea, Sabtu lalu. United begitu mudah takluk musim ini. Faktanya, mereka telah kalah tujuh kali di Premier League.

Dan itu hasil kombinasi tiga faktor. MU mulai menua, kurang ulet dan yang paling mudah, United tak sebaik sebelumnya.

10 hari lalu, kami berharap United mencetak treble musim ini. Tapi, sepertinya kini meraka hanya akan meraih Piala Liga Inggris (Carling Cup).

MU masih punya peluang, tentunya. Tapi, jika hanya mengandalkan Chelsea tersandung sangat sulit meraih trofi Premier League empat kali beruntun.

Kini, laga penentuan buat Setan Merah terjadi saat melawan Bayern Munich, Rabu 7 April 2010. Jika sukses melewati Bayern, United akan mendapatkan jackpot ke final Liga Champions. (Lawan di semifinal hanya di antara dua klub
Prancis, Lyon dan Bordeaux).

Sebenarnya, Bayern tak terlalu bagus. Saya tak percaya, mereka begitu buruk meladeni United, meski menang 2-1.

Mereka sulit memecah kebuntuan di Munich, Selasa lalu. Tapi, kelemahan mereka sebenarnya terletak di belakang. Dan United bisa memanfaatkan itu di Old Trafford.

Harus Bangkit

United kini kembali punya peluang terbaik lolos ke final. Mereka telah melewati 'pasukan tua' Milan, dan Bayern yang tak lebih bagus.

Lyon atau Bordeaux di semifinal tak terlalu mengkhawatirkan MU. Tapi, United jika tidak bangkit dari keterpurukan saat kalah dari Chelsea, musim mereka bisa berakhir Rabu malam nanti.

Saya tak pernah menyaksikan penampilan United di laga krusial seburuk ketika bertemu Chelsea. Ya, mereka baru saja tampil di Liga Champions kontra Bayern, Selasa lalu. Tapi, mereka tak tampil Moscow. Mereka masih punya waktu untuk memulihkan kondisi fisik.

Antonio Valencia tidak menjadi starter di Munich. Ia jadi starter melawan Chelsea dan tampil buruk.

Cedera Wayne Rooney membuat peluang United bertahan di kompetisi ini semakin berkurang. Padahal sepekan lalu, hal ini hampir bisa dipastikan.

MU seperti kehilangan motivator lewat komitmen dan antusiasme Rooney. Jika Anda melihat pemain hebat seperti Rooney terus bergerak dan berlari sepanjang 95 menit, maka rekan setimnya pasti juga akan terus bergerak. Tanpanya, tak ada figur yang bisa menggerakkan energi tim melawan tim sekualitas Chelsea.

Permainan United hanya berkembang di 10 menit terakhir. Itu hanya karena gol Federico Macheda yang sangat dibutuhkan.

Meski Macheda memberikan dampak dari bangku cadangan, tak ada alasan kuat buat Sir Alex Ferguson untuk menjadikannya starter di laga Rabu nanti. Sir Alex takkan berjudi dengan pengalaman Macheda, dimana di Eropa dibutuhkan tim terbaik.

Jika Rooney gagal mengembalikan kebugarannya, saya yakin Nani akan menjadi starter. Karena dia tampil bagus meski datang dari bangku cadangan melawan Chelsea. Pergerakan Nani akan merepotkan Bayern.

Dan Sir Alex tampaknya masih akan percaya kepada Dimitar Berbatov. Sebab tanpa Rooney, dia tak punya pilihan lain. Situasi untuk Berbatov sangat dilematis buat Manajer United itu, karena Berba pemain yang sangat berbeda dari Rooney.

Jika Anda bek tengah dan harus berhadapan dengan Berbatov, Anda takkan diganggu oleh dia secara mental. Ia tak pernah terus berlari dan memberikan tekanan fisik. John Terry dan Alex tak terlalu khawatir kepada Berbatov Sabtu
lalu.

Berbatov pemain salon. Dia pemain berbakat, tapi salon. Jika Anda punya pemain seperti itu, maka sembilan pemain lainnya harus berkreasi untuknya. Jika hanya lima atau enam pemain yang bergerak, pemain salon akan tetap menjadi salon.

Carlos Tevez yang dipersilahkan Sir Alex hijrah musim panas lalu, bukan pemain salon. Ia bisa bermain dalam 100 ribu laga dengan penuh antusias. Kita telah bilang berulangkali akan kehilangan Cristiano Ronaldo, tapi kehilangan Ronaldo dan Tevez memberikan kerugian ganda buat United.

Dari empat striker, MU tinggal punya dua. Dan jika Rooney masih menjadi cadangan saat melawan Bayern, mereka hanya pinya satu, Berbatov.

Tapi dengan semua problem itu, saya masih berharap United mengalahkan Bayern. Tapi, dengan beberapa syarat...

0 komentar:

Posting Komentar